Sumsel Raih IGA 2017, Kata Alex Wajar Karena Sumsel Begini

Rabu, 20 Desember 2017 20:49 WIB
Sumsel Raih IGA 2017, Kata Alex Wajar Karena Sumsel Begini
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Gubernur Sumsel H Alex Noerdin 

PALEMBANG - Provinsi Sumatera Selatan berhasil mendapatkan penghargaan bergengsi Innovative Government Award (IGA) 2017 pada Malam Penghargaan Pemerintah Daerah Inovatif 2017 dan Leadership Award, di Puri Agung Convention Hall Hotel Sahid Jaya Jakarta, Senin (18/12).

Ini menurut Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin sangat wajar jika Sumsel mendapatkannya karena Sumsel paling inovatif dan banyak inovasi yang diciptakan oleh Sumsel.

“Banyak inovasi kita, macam-macam. Kita hanya keluarkan satu saja sudah dapat penghargaan ini,” kata Alex kepada Tribun Sumsel di Griya Agung Palembang, Rabu (20/12).

Inovasi yang membuat Sumsel sabet IGA 2017, menurut Alex adalah karena mampu menjaga lingkungan selama tahun 2017. Bersama dengan Korem 044 dan pihak lainnya mampu menciptakan Bios 044.

“Kita belum keluarkan semua (inovasi). Sedikit saja sudah nomor satu,” ujar Alex.

Inovasi lainnya yang sudah dilakukan Sumsel, sambung Alex dengan bangun Jakabaring Sport City (JSC). Menurutnya ini luar biasa.

“Membangun tanpa uang kita, Ada juga pakai duit sendiri (Sumsel), tapi hanya untuk mancing-mancing, tapi tidak sepenuhnya bangun pakai dana sendiri, ini adalah langkah sangat inovatif,” ungkap Alex.

Malam penghargaan IGA 2017 diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan penghargaan untuk Sumsel tersebut diterima Asisten I Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel Ahchmad Najib yang mewakili Gubernur Sumsel H Alex Noerdin.

Untuk diketahui inovasi daerah adalah semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Dalam hai ini menjadi tugas dan fungsi badan panelitian dan pengembangan kementerian dalam negeri, khususnya pusat Iitbang inovasi daerah untuk melakukan penliaian inovasi daerah.

Inovasi daerah dapat berbentuk inovasi tata kelola pemerintahan daerah, inovasi pelayanan pubiik dan inovasi bentuk lainnya, sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

Pada malam anugrah, Sumsel menjadi provinsi peringkat pertama Innovative Government se-Indonesia. Sumsel menjadi peringkat pertama karena berkat kerja keras pemerintah Sumsel. Ada 3 Aspek yang membuat Sumsel menjadi peringkat pertama yaitu aspek kuantitas, aspek kualitas, dan aspek manfaat.

Pelaksanaan IGA ini sendiri melalui serangkaian tahapan, mulai dari penjaringan profil inovasi daerah pada Agustus lalu. Kemudian dilanjutkan verifikasi profil bulan September, validasi pada Oktober-November melalui presentasi kepala daerah dan temuan lapangan dan pemberian penghargaan Inovative Government Award pada Desember tahun 2017.

Pada paparannya pada tahap validasi beberapa waktu lalu, waktu yang digunakankurang lebih 30 menit. Orang nomor satu di Sumsel ini memaparkan sebanyak 13 inovasi andalan di Sumsel. Diantaranya inovasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) serta inovasi pengembangan olahraga, sekolah dan berobat gratis.

Mantan bupati Muba dua periode ini  menjelaskan inovasi andalan yang belum dimiliki daerah pesaing. Misalnya inovasi Sumsel menciptakan Bios 44 bersama Korem 044 Gapo untuk menekan terjadinya kebakaran lahan gambut yang banyak tersebar di Sumsel.

Penulis: pemprovsumsel
Editor: pemprovsumsel
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
5473 articles 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2018
Atas